Capaian gemilang peradaban Islam tidak hanya dipenuhi dengan catatan keberhasilan di bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga dalam aksi program-program sosial, seperti yang terlihat dari keberadaan tempat singgah (sabil, jamak: asbalah). 

Bangunan merupakan ciri khas dari arsitektur Islam yang dimunculkan pertama kali oleh Dinasti Mamluk dan banyak dikembangkan kemudian oleh Dinasti Ottoman pada abad modern. Sabil difungsikan sebagai tempat singgah yang memungkinkan bagi musafir atau warga setempat untuk melepas dahaga.

Konsep bangunannya terdiri atas dua lantai. Terdapat penampungan air serupa sumur di lantai dasar. Sedangkan, lantai kedua biasa berupa ruang istirahat lengkap dengan ventilasi jendela.

Beberapa di antaranya dibangun dengan arsitektur menawan berhias kaligrafi. Penamaan sabil biasanya diambil dari nama penguasa ketika itu. Sabil banyak ditemukan di Mesir dan Suriah. Pengelolaannya dipercayakan kepada orang pilihan yang disebut muzammilati. Sabil Madrasah Zhahir disebut-sebut paling tua yang dibangun pada masa Dinasti Mamluk 1479 M. Berikut ini sejumlah sabil yang masih bertahan di Mesir:


Abdurrahman Katkhuda
Nama Katkhuda merujuk pada gubernur Mesir Dinasti Ottoman, Abdurrahman Katkhuda yang juga seorang arsitektur andal. Sabil ini ia rancang dan dirikan pada 1744 M. Berlokasi di jalan el-Muiz, sabil ini terbilang berbeda. Tiga pintu yang berada di lantai dasar sengaja dipasang untuk menarik perhatian para musafir, dhuafa, atau siapa pun yang membutuhkan.

Sultan Mahmud
Sabil yang didirikan oleh seorang bangsawan di Mesir pada masa Ottoman pada abad 17 M, yaitu Bashir Agha, tidak hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air, tetapi juga lokasi para pelajar menghafal Alquran dan belajar. Lokasinya menyatu dengan Madrasah Sultan Mahmud yang berada di Jalan el-Habbaniya.

Ummu Abbas
Sabil ini satu dari sekian sabil yang eksotik di Mesir.
Bangunan yang berlokasi tak jauh dari pusat Kota Kairo itu, tepatnya di kawasan Ben- teng Shalahudin dibangun oleh Panpa Qadin Ummu Abbas, istri dari Gubernur Mesir Dinasti Ottoman yaitu, Ahmad Thusun ibn Muhammad Ali Pasha yang berkuasa pada 1848-1854. Arsi- tek turnya bergaya khas Ottoman dan Eropa. Arsiteknya langsung didatangkan dari Turki. 

(sumber:Republika, edisi Minggu, 23 November 2014 Hal. 13 Oleh Nashih Nashrullah)

Post a Comment

 
Top