Imam al-Ghazali pernah menasihati murid-muridnya untuk berhati-hati terhadap tipu daya dunia. Sang Imam bertanya kepada murid-muridnya, "Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?" Mereka menjawab, "Orang tua, guru, teman, dan kerabatnya."  Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban itu benar. Tetapi menurut Sang Imam, yang paling dekat dengan manusia adalah "mati". Sebab, itu sudah janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati. (QS Ali Imran [3] :185).

Lalu beliau mengajukan pertanyaan kedua, "Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?" Para muridnya ada yang menjawab, "Negeri Cina, bulan, matahari, dan bintang- bintang." Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban itu benar. Tapi yang paling benar, kata Sang Imam, adalah "masa lalu". Bagaimanapun kita, apa pun kendaraan kita, tetap kita tidak boleh kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu, kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Imam al-Ghazali kembali mengajukan pertanyaan, "Apa yang paling besar di dunia ini?" Murid-muridnya ada yang menjawab, "Gunung, bumi, dan matahari." Semua jawaban itu benar, kata Sang Imam. Namun, kata dia, yang paling besar di dunia ini adalah "nafsu" (QS al-A'Raf [7] :179). Maka, kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu membawa kita ke neraka.

Beliau kemudian mengajukan pertanyaan keempat, "Apa yang paling berat di dunia ini?" Di antara mereka ada yang menjawab, "Baja, besi, dan gajah." Semua jawaban hampir benar, kata Imam Ghazali, "Tapi yang paling berat adalah memegang amanah." (QS al-Ahzab [33] :72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi, manusia dengan sombongnya menerima permintaan Allah SWT sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.

Sang Imam kembali bertanya, "Apa yang paling ringan di dunia ini?" Muridnya ada yang menyebut kapas, angin, debu, dan daun-daunan. Imam al-Ghazali kembali membenarkan. Tapi, kata beliau, yang paling ringan di dunia ini adalah "meninggalkan shalat". Gara-gara pekerjaan, kita tinggalkan shalat.

"Apakah yang paling tajam di dunia ini?" Imam al-Ghazali kembali bertanya. Murid-muridnya serentak menjawab, "Pedang." Beliau kembali membenarkan jawaban muridnya. Namun, kata dia, yang paling tajam adalah "lidah manusia". Kerana melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Al-Ghazali mengingatkan kita untuk mewaspadai dunia ini yang penuh dengan tipu daya. Ia memancarkan segala keindahannya sehingga kita terkadang lupa akan akhirat yang kekal itu. Dunia selalu menggoda manusia agar melupakan tujuannya. Padahal, dunia hanya alat atau ladang untuk mengeruk sebanyak-banyaknya amal kebaikan sehingga bisa dibawa sebagai bekal nanti.

Dalam Alquran Allah SWT berulang-ulang mengingatkan agar orang yang beriman hati-hati dan waspada, jangan tertipu kehidupan dunia yang penuh tipu daya. Utamakanlah kehidupan akhirat yang kekal dan tidak ada batas akhirnya. Carilah perbekalan sebanyak-banyaknya untuk kehidupan akhirat, namun jangan pula melupakan kehidupan yang wajar di dunia ini (QS al-Qashas [28] :77) Utamakanlah meraih kehidupan akhirat yang bersifat kekal dan abadi untuk selama-lamanya. Semoga.

 

(sumber:Republika edisi Kamis, 3 Maret 2016 Hal. 18 Oleh Ahmad Agus Fitriawan)

Post a Comment

 
Top