meneladani nabi saw

Suatu hari Baginda Nabi Muhammad SAW didatangi Jibril yang mengatakan, "Wahai Muhammad, ada seorang hamba Allah yang beribadah selama 500 tahun di atas sebuah bukit yang berada di tengah-tengah lautan. Di situ Allah SWT mengeluarkan sumber air tawar yang sangat segar sebesar satu jari, di situ juga Allah SWT menumbuhkan satu pohon delima, setiap malam delima itu berbuah satu delima."

Setiap harinya, hamba Allah tersebut mandi dan berwudhu pada mata air tersebut. Lalu ia memetik buah delima untuk dimakannya, kemudian berdiri untuk mengerjakan shalat dan dalam shalatnya ia berkata: "Ya Allah, matikanlah aku dalam keadaan bersujud dan supaya badanku tidak tersentuh oleh bumi dan lainnya, sampai aku dibangkitkan pada hari kiamat dalam keadaan bersujud."

Maka Allah SWT menerima doa hambanya tersebut. Aku (Jibril) mendapatkan petunjuk dari Allah SWT bahwa hamba Allah itu akan dibangkitkan pada hari kiamat dalam keadaan bersujud. Maka Allah SWT menyuruh: "Masukkan hamba-Ku ini ke dalam surga karena rahmat-Ku". Akan tetapi, hamba tersebut berkata: "Ya Allah, masukkan aku ke dalam surga karena amal ibadahku".

Maka Allah SWT menyuruh lagi: "Masukkan hamba-Ku ini ke dalam surga karena rahmat-Ku". Akan tetapi, hamba tersebut berkata lagi: "Ya Allah, masukkan aku ke dalam surga karena amal ibadahku." Untuk yang ketiga kalinya Allah SWT menyuruh lagi: "Masukkan hamba-Ku ini ke dalam surga karena rahmat-Ku". Akan tetapi, hamba tersebut pun berkata lagi: "Ya Allah, masukkan aku ke dalam surga karena amal ibadahku."

Maka Allah SWT menyuruh malaikat agar menghitung seluruh amal ibadahnya selama 500 tahun dengan nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya. Setelah dihitung-hitung ternyata kenikmatan Allah SWT tidak sebanding dengan amal ibadah hamba tersebut selama 500 tahun. Maka Allah SWT berfirman: "Masukkan ia ke dalam neraka." Maka ketika malaikat akan menariknya untuk dijebloskan ke dalam neraka, hamba tersebut ber kata lagi: "Ya Allah, masukkan aku ke dalam surga karena rahmat-Mu." (HR Sulaiman Bin Harom, dari Muhammad Bin Al-Mankadir, dari Jabir RA).

Dari kisah di atas, jelaslah bahwa seseorang bisa masuk surga karena rahmat Allah SWT, bukan karena banyaknya amal ibadah. Rasulullah SAW mengajarkan kepala umatnya beberapa cara agar rahmat Allah itu bisa diraih.

Pertama, berbuat ihsan dalam beribadah kepada Allah SWT dengan menyempurnakan ibadah kepada-Nya dan merasa diperhatikan (diawasi) oleh Allah (QS al-A'raf [7]: 56). Kedua, bertakwa kepada-Nya dan menaati-Nya dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya (QS al-A'raf [7]: 156- 157). Ketiga, kasih sayang kepada makhluk-Nya, baik manusia, binatang. maupun tumbuhan.

Keempat, beriman, berhijrah, dan berjihad di jalan Allah (QS al-Baqarah [2]: 218). Kelima, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menaati Rasulullah SAW (QS an-Nur [24]: 56). Keenam, berdoa kepada Allah SWT untuk mendapatkannya dengan bertawasul dengan nama-nama-Nya yang Mahapengasih (ar-Rahman) lagi Mahapenyayang (ar-Rahim). Firman Allah SWT, "Wahai Rabb kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." (QS al-Kahfi [18]: 10).

Ketujuh, membaca, menghafal, dan mengamalkan Alquran (QS al-An'am [6]: 155). Kedelapan, menaati Allah SWT dan Rasul-Nya (QS Ali Imran [6]: 132).

Kesembilan, mendengar dan memperhatikan dengan tenang ketika dibacakan Alquran (QS al-A'raf [7]: 204). Kesepuluh, memperbanyak istighfar, memohon ampunan dari Allah SWT. Firmannya, "Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat." (QS an-Naml [27]: 46).

(sumber:Republika edisi Selasa, 3 Februari 2015 Hal. 21 Oleh Suprianto)

Post a Comment

 
Top