Sejarah perkembangan dan penyebaran Islam di Banten tak terlepas dari pengaruh Kesultanan Banten. Kerajaan yang berdiri sekira 1526 itu merupakan kepanjangan tangan dari Kesultanan Demak yang hendak menaklukkan wilayah tanah Pasundan. Maulana Hasanuddin terlibat dalam penaklukan wilayah ini hingga ia didapuk menjadi sultan dari kesultanan tersebut.

Kesultanan Banten eksis selama lebih dari tiga abad. Kesultanan ini telah menorehkan kegemilangan. Prestasi tersebut sangat luar biasa mengingat pada saat bersamaan kolonialisme penjajah Eropa kian kuat menancapkan kuku-kukunya di tanah Pasundan.

Pada 1813 M, Kesultanan Banten akhirnya dipaksa untuk mengakui pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Tahun itu pula ditandai sebagai masa runtuhnya kesultanan yang selain melemah akibat faktor ekstrenal juga diakibatkan oleh konflik dan persaingan internal. Berikut ini sejumlah peninggalan Kesultanan Banten yang bertahan hingga sekarang.

pelabuhan karangantu banten

Pelabuhan Karangantu 
Selain membangun masjid sebagai pusat peribadatan dan membangun Keraton Sorosowan sebagai tempat tinggal dan pusat pemerintahan, Sultan Maulana Hasanuddin juga membangun Pelabuhan Karangantu sebagai pusat perekonomian sekaligus untuk memperkenalkan Banten sebagai kesultanan yang terlepas dari Kerajaan Demak.

Pelabuhan ini berfungsi sebagai pelabuhan internasional yang menempatkan Banten sebagai salah satu kota pelabuhan terkuat di nusantara. Saat kota Banten menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Maulana Hasanuddin, kota ini banyak didatangi pedagang asing dan Nusantara.

masjid agung banten

Masjid Agung 
Banten yang dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552- 1570) diperuntukkan sebagai pusat peribadatan di Banten sekaligus simbol bahwa Kesultanan Banten Independen dari Demak. Masjid ini termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia. Di serambi kiri masjid ini terdapat kompleks makam para sultan Banten dan keluarganya.

keraton surosowan di banten

Keraton Surosowan

Setelah mendeklarasikan Banten se bagai kesultanan yang merdeka dari Kerajaan Demak, Sul tan Maulana Hasa nuddin, raja sekaligus pemuka agama di Banten, juga mendirikan Keraton Suro sowan. Keraton Surosowan ini digunakan sebagai tempat tinggal keluarga sul tan sekaligus pusat administrasi peme rin tahan Kesultanan Banten. Bangunan yang terletak di selatan Masjid Agung Banten menjadi tempat yang paling ek sotis dan bersejarah.

(sumber:Republika edisi Minggu, 29 November 2015 Hal. 13 Oleh Nashih Nashrullah)

Post a Comment

 
Top