Saudaraku, hidup ini hanya sekali. Maka buatlah yang sekali itu menjadi "sesuatu". Waktu dan umur yang kita lewati, sekali berlalu, tak pernah kembali. Ia pergi dengan segenap catatan yang menggoresnya. Berbuatlah dalam kebajikan, sekecil apa pun!

Sebab hidup tak mengenal siaran tunda, maka bekerjalah dalam kesungguhan dan keikhlasan. Sekali waktu yang telah berlalu tak akan pernah kembali. Setiap detik yang bergeser dari jam tangan kita telah menjadi sesuatu yang lampau. Hasan al-Basri, seorang penyair sufi, berkata, "Tidaklah fajar hari ini terbit, kecuali ia akan memanggil, `Wahai anak Adam, aku adalah ciptaan yang baru dan aku akan menjadi saksi atas setiap pekerjaanmu, maka mintalah bekal kepadaku. Karena bila aku telah berlalu, aku tak akan kembali hingga hari kiamat tiba'."

Sering kali kita berkeluh kesah dalam hidup ini. Padahal, keluh kesah kita tak menyelesaikan persoalan sedikitpun. Merenunglah sejenak. Kata orang bijak, bertafakur satu jam lebih baik daripada bekerja sepuluh jam tanpa tahu makna dan arti. Lihatlah sekelilingmu, segera setelah itu, pasti engkau akan bersyukur. Lihatlah bagaimana Allah menciptakanmu dengan penuh kesempurnaan. Lihatlah bagaimana Allah memberimu begitu banyak nikmat. (QS Ibrahim:34).

Dengan bertafakur, tersadarlah bahwa kita diciptakan sempurna. Tak kurang suatu apa. Warnailah hari-harimu. Cerialah sebab Rasulullah SAW berpesan, "Senyummu untuk saudaramu bernilai sedekah." Kebahagiaan tak dapat kita beli dengan uang, tapi ia dapat kita ciptakan dengan mensyukuri setiap keadaan.

Tak usahlah berharap terima kasih dari setiap kebaikan yang kita lakukan. Apalah artinya pujian manusia, jika ia akan merusak nilai kebaikan kita di hadapan Allah, Tuhan semesta alam. Bersungguh-sungguhlah dalam setiap profesi yang kita tekuni. Sebab, Allah tidak meminta hamba-Nya pada hasil, tetapi proses dalam mewujudkan kesungguhan iman.

Suatu hari Bilal bin Rabah, muazin pada zaman Nabi SAW, mengemukakan kegundahannya. Sebagai seorang marbut, Bilal sempat mengeluh kepada Rasulullah SAW. Katanya, "Ya Rasulullah, orang-orang lain berdagang dan (dengan keuntungan berdagangnya) mereka berinfak, aku cuma seorang muazin." Rasulullah SAW membalas, "Ya Bilal, tidakkah engkau bahagia bahwa kelak pada hari kiamat engkau adalah orang yang paling panjang lehernya." (HR Muslim).

Panjang leher adalah kiasan untuk menunjukkan amal-amal Bilal dalam menyeru orang pada kebaikan, menjadikannya berbahagia di akhirat kelak. Kadang, dari satu pekerjaan, kita tak mendapat imbalan duniawi yang memadai, tetapi yakinlah bahwa skenario Allah selalu yang terbaik.

Seseorang bertanya kepada Ibnul Qayyim, "Jika Allah memberikan karunia rezeki kepada seorang hamba, bagaimana membedakan antara itu nikmat atau justru fitnah?" Ia menjawab, "Apabila karunia itu mendekatkan dirinya kepada Allah, maka itu adalah nikmat-Nya. Dan bila semakin menjauhkannya dari Allah, maka itu adalah fitnah yang tak dapat dilaluinya."

Karena itu, yakinlah, di setiap kesulitan hidup ada sejuta kemudahan. Bukankah Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh- sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap." (QS Al-Insyiraah: 6-8)

Pada ayat itu, Allah SWT menyebut kesulitan dengan memberikan sisipan huruf "alif dan lam" yang dalam kaidah bahasa Arab berarti ma'rifahatau "tunggal". Tetapi, kata kemudahan tidak disisipi huruf yang sama. Menandakan apa? Bahwa pada satu kesulitan, ada berjuta kemudahan di depan kita.

Untuk itulah, Ibnul Qayyim berkata, "Segala persoalan dalam hidup ini sesungguhnya tidak untuk menguji kekuatan dirimu, tetapi menguji seberapa besar kesungguhanmu dalam meminta pertolongan Allah." Mari berharap dari satu kesulitan hidup, ada sejuta tawaran kebaikan di depannya. Wallahu a'lam.

 

(sumber:Republika edisi Jumat, 22 Januari 2016 Hal. 12 Oleh INAYATULLAH HASYIM)

Post a Comment

 
Top